Biaya Registrasi Dan Biaya Kuliah Jalur Sbmptn 2018/2019

Biaya SBMPTN 2018 -- Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN, Info Biaya Seleksi dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN, Biaya Pendaftaran SBMPTN, Biaya PMB Jalur SBMPTN, Biaya Peserta SBMPTN, Biaya Kuliah Jalur SBMPTN, Uang Kuliah Tunggal (UKT) Jalur SBMPTN, Tata Cara Pembayaran Biaya SBMPTN, Rincian Biaya SBMPTN. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan warta tentang Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN 2018/2019. Dengan adanya warta ini, semoga bisa menjadi menjadi contoh anda dalam melaksanakan pembayaran biaya seleksi SBMPTN. Simak warta selengkapnya berikut ini.

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN 2018/2019

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta SBMPTN dan peserta yang menentukan kegiatan studi bidang seni atau olahraga harus mengikuti ujian embel-embel berupa ujian keterampilan.

SBMPTN ini dilaksanakan sehabis SNMPTN. Jika anda sebelumnya telah mengikuti SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka anda sanggup mengikuti seleksi SBMPTN.

A. Biaya Pendaftaran SBMPTN

Sebelum membahas lebih jauh mengenai biaya registrasi SBMPTN, admin terlebih dahulu akan menginformasikan alur registrasi SBMPTN dimana alur registrasi dan biaya registrasi dilaksanaan dalam proses yang beriringan. Maka dari itu, anda perlu mengetahui warta ini. Berikut iniformasinya.

1. Alur Pendaftaran dan Pembayaran Biaya SBMPTN

Pertama, Silahkan anda buka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Alamat tersebut ialah alamat khusus registrasi SBMPTN. Kalau www.sbmptn.ac.id ialah alamat SBMPTN untuk warta umum menyerupai persyaratan pendaftaran, tata cara registrasi SBMPTN, kriteriA penerimaan, jadwal, dan lain-lain. Admin tegaskan kembali, silahkan buka alamat pendaftaran.sbmptn.or.id untuk melaksanakan data registrasi tahap awal

Kedua, Setelah terbuka, silahkan anda isi data anda berupa nama, tanggal lahir, dan data lain menyerupai yang tertera pada formulir online tersebut

Ketiga, sehabis selesai mengisi data-data tersebut, silahkan cetak bukti pengisian data tahap awal.

Keempat, Bawa cetakan bukti pengisian data tahap awal tersebut ketika anda membayar biaya registrasi di Bank.

Kelima, Setelah membayar biaya registrasi di Bank, maka anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang sanggup dipakai untuk login registrasi SBMPTN tahap selanjutnya

Keenam, Login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id memakai KAP dan PIN yang telah diperoleh dari Bank.

Ketujuh, Lakukan pengisian biodata diri, menentukan PTN,memilih kegiatan studi, dan lain-lain sesuai yang tertera pada formulir registrasi online

Kedelapan, Setelah selesai mengisi data-data di atas, peserta mencetak kartu SBMPTN

Kesembilan, Peserta membawa kartu SBMPTN pada ketika ujian berlangsung.

Itulah tahap-tahap yang perlu anda ketahui ketika akan mendaftar SBMPTN serta membayar biaya SBMPTN. Selanjutnya anda perlu mengetahui ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan biaya SBMPTN.

2. Pertanyaan Seputar Biaya SBMPTN

Ketika anda akan mendaftar SBMPTN, maka salah satu yang menjadi pertimbangan ialah besarnya biaya registrasi SBMPTN.

Banyak sekali pertanyaan berkaitan dengan biaya registrasi SBMPTN, menyerupai berikut ini.
  • Berapa biaya registrasi SBMPTN?
  • Di Bank apa biaya SBMPTN dibayarkan?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN melalui Teller Bank?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN melalui ATM?
  • Adakah cara lain membaya biaya SBMPTN selain melalui Teller Bank dan ATM?

Untuk mengetahui tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan di atas, maka anda perlu menyimak pembahasan yang akan admin berikan.

a. Berapa Biaya Pendaftaran SBMPTN?

Ketika anda akan mendaftar SBMPTN, maka anda diwajibkan membayar biaya registrasi SBMPTN sebesar Rp. 200.000,-. Besarnya biaya SBMPTN tersebut berlaku untuk peserta non Bidikmisi.

Untuk peserta SBMPTN yang juga calon akseptor Bidikmisi, maka tidak perlu membayar biaya SBMPTN sebab biaya SBMPTN bagi calon akseptor Bidikmisi ialah gratis.

Salah satu tujuan membayar biaya SBMPTN ialah untuk mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya KAP dan PIN tersebut sanggup dipakai untuk login ke website resmi SBMPTN untuk melengkapi data registrasi SBMPTN.

Nah, untuk calon akseptor Bidikmisi jalur SBMPTN akan mendapatkan KAP dan PIN sehabis mengisi biodata diri pada ketika mendaftar Bidikmisi. Makara tidak perlu membayar biaya SBMPTN.

b. Di Bank Apa Biaya SBMPTN dibayarkan?

Anda sanggup membayar biaya SBMPTN melalui Bank BNI atau Bank Mandiri. Kedua Bank tersebut merupakan Bank yang telah bekerja sama dengan SBMPTN.

Pembayaran sanggup dilakukan melalui Bank BNI atau Bank Mandiri di seluruh wilayah Indonesia. Lakukan pembayaran di Bank yang lokasinya terdekat dengan daerah tinggal anda biar sanggup menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Ingat !!! Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.

c. Bagaimana Cara Membayar Biaya SBMPTN?

Seperti yang telah dijelaskan pada alur registrasi SBMPTN di atas, untuk membayar biaya registrasi SBMPTN, terlebih dahulu anda harus mengisi data pendaftara awal SBMPTN di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id. Setelah mengisi data pada alamat tersebut, kemudian cetak bukti registrasi kemudian bawa bukti tersebut ke Bank BNI atau Bank Mandiri.

Untuk lebih jelasnya, anda sanggup melihat kembali alur pendaftran dan pembayaran SBMPTN di atas.

d. Bagaimana Cara Membayar Biaya SBMPTN melalui Teller Bank?

Silahkan anda tiba ke Bank BNI atau Bank Mandiri dengan memperlihatkan bukti cetakan registrasi tahap awal SBMPTN. Selanjutnya petugas Bank akan melihat bukti tersebut dan anda anda akan diminta untuk membayar biaya sebesar Rp. 200.0000,- sebagai biaya registrasi SBMPTN.

Setelah proses pembayaran selesai, maka anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang sanggup dipakai untuk melanjutkan proses registrasi SBMPTN.

e. Bagaimana Cara Membayar Biaya SBMPTN melalui ATM?

Selain sanggup membayar melalui Teller Bank, anda juga sanggup melaksanakan pembayaran biaya SBMPTN melalui ATM. Disini akan dijelaskan pembayaran melalui ATM Mandiri, ATM Bersama, Mandiri SMS, dan Mandiri Internet.

ATM Mandiri

Ikuti langkah-langkah pembayaran SBMPTN melalui ATM Mandiri :
  1. Masukkan PIN ATM  lalu pilih sajian BAYAR
  2. Pada sajian BAYAR/BELI, pilih sajian PENDIDIKAN
  3. Masukkan isyarat pembayaran yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi SBMPTN yang diperoleh sehabis melaksanakan registrasi di laman pendaftaran.sbmptn.or.id
  4. Pilih item pembayaran SBMPTN, ketik nomor urut yang ada disamping kiri. Jika sudah benar, pilih YA
  5. Menu Konfirmasi Pembayaran
  6. Cek kembali detil pembayaran (terutama KAP)
  7. Bila sudah benar, pilih tombol YA
  8. Pastikan muncul goresan pena transaksi sukses pada layar, dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran
  9. Transaksi selsai. Kemudian cetak Struk/Resi sebagai bukti pembayaran

ATM Bersama

Ikuti langkah-langkah pembayaran SBMPTN melalui ATM Bersama :
  1. Masukkan kartu ATM dan masukkan PIN ATM anda dan akan muncul MENU PENARIKAN CEPAT. Kemudian, pilih sajian TRANSAKSI LAINNYA
  2. Pilih sajian TRANSFER LINK/ATM BERSAMA/PRIMA
  3. Masukkan  kode bank dan isyarat pembayaran biaya seleksi SBMPTN
  4. Kode bank diisi dengan   : 008
  5. Kode SBMPTN               : 10000
  6. No. Rek / Kode Bayar     : 83838383838  ( 11 Digit)
  7. Masukkan Nomor Referensi (boleh diisi atau tidak). Kemudian masukan jumlah RP. 200.000,00
  8. Masukkan Jenis Rekening. Kemudian lakukan KONFIRMASI TRANSFER “YA”
  9. Transaksi selesai dan simpan struk/resi sebagai bukti pembayaran

f. Adakah cara lain membaya biaya SBMPTN selain melalui Teller Bank dan ATM?

Cara lain yang sanggup anda lakukan untuk membayar biaya SBMPTN ialah melalui Mandiri SMS atau Mandiri Internet. Penjelasannya akan diuraikan dibawah ini.

Mandiri SMS

Selain membayar melalui Teller Bank dan ATM Mandiri atau ATM Bersama, anda juga sanggup membayar biaya SBMPTN melalui Mandiri SMS.

Cara yang sanggup anda lakukan yaitu :
  1. Ketik : BYR<spasi>SBMPTN<spasi><1><spasi><kode pembayaran>
  2. kirim ke 3355
  3. Jika pesan untuk membayar berhasil, maka anda akan memperoleh pesan SMS dari 3355 untuk memasukkan PIN SMS Banking Bank Mandiri
  4. Jika PIN SMS Banking Bank Mandiri yang dimasukkan benar, maka anda akan memperoleh pesan SMS dari 3355 yang berisi Kode Pembayaran, KAP, dan Nama pendaftar SBMPTN

Mandiri Internet

Langkah-langkah pembayaran Biaya SBMPTN melalui Mandiri Internet :
  1. Masukkan User ID dan Password Internet banking yang anda miliki
  2. Pilih sajian Pembayaran, dan pilih sajian Pendidikan
  3. Screen Pendidikan :
  4. Ketik No Rekening yang akan didebet
  5. Pilih :  SBMPTN sebagai penyedia jasa
  6. Masukkan : isyarat pembayaran yang diperoleh pada ketika registrasi di laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id
  7. Pilih tagihan yang akan dibayar dengan memberi tanda tick (v)
  8. Masukkan Challenge Code pada Token PIN Mandiri, dan masukkan PIN yang dihasilkan Token tersebut
  9. Hasil transakti : Setelah transaksi sukses, secara otomatis akan ditampilkan KAP dan Nama Peserta sesuai dengan yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi SBMPTN

Dari sekian banyak cara pembayaran biaya SBMPTN, silahkan lakukan melalui salah satu cara yang berdasarkan anda paling gampang dan aman.

Admin sendiri memberi saran, sebaiknya anda membayar biaya registrasi melalui Teller Bank sebab tidak beresiko. Jika anda membayar melalui ATM, atau cara lainnya, maka beresiko salah ketik atau salah isyarat atau salah tekan angka, dan lain sebagainya yang sanggup menyebabkan pembayaran biaya SBMPTN menjadi gagal.

Jika gagal, maka anda harus membayar biaya SBMPTN kembali. Namun kalau anda memang berniat membayar biaya SBMPTN contohnya melalui ATM, maka anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati.

Selanjutanya admin akan memperlihatkan warta berupa Biaya Kuliah Jalur SBMPTN. Mai simak penjelasannya.

B. Biaya Kuliah Jalur SBMPTN

Bagi anda yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SBMPTN, maka selanjutnya anda harus mengetahui besarnya biasa kuliah jalur SBMPTN yang harus dibayarkan.

Telah kita ketahui bahwa SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pembayaran biaya kuliah telah memakai sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana biaya tersebut meliputi biaya-biaya lainnya. Makara mahasiswa gres yang lulus seleksi melalui jalur SBMPTN cukup membayar biaya UKT saja tanpa perlu membayar biaya uang pangkal, uang bangunan atau biaya lainnya.

UKT ini dibayar setiap awal semester dan besarnya sama mulia dari semester 1 hingga semester akhir. Besarnya UKT ini didasarkan pada jumlah penghasilan orang renta anda dan pilihan kegiatan studi anda.

Jika orang renta anda kaya, maka UKT anda akan berada pada level tinggi, sedangkan kalau orang renta anda kurang bisa maka UKT anda akan berada pada level rendah.

Begitu juga dengan pilihan kegiatan studi, Misalnya anda menentukan kegiatan studi kedokteran dan menerima UKT level III, maka akan berbeda dengan sahabat anda yang menentukan kegiatan studi pendidikan matematika walaupun sama-sama UKT-nya berada pada level III.

Dari klarifikasi di atas mengenai biaya kuliah jalur SBMPTN, maka sanggup disimpulkan bahwa biaya kuliah jalur SBMPTN mengikuti sistem UKT yang diterapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri yang yang telah mendapatkan anda yang besarnya ditentukan oleh masing-masing PTN.

Baca juga :

Demikianlah warta yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini wacana Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN. Semoga warta yang telah disampaikan sanggup memperlihatkan pencerahan untuk anda semua. Sekian warta dari admin, dan semoga anda bisa lulus SBMPTN.

Mari bantu membuatkan (G+1) atau share (FB) warta ini pada teman-teman anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Kuliah Undip 2018/2019 (Universitas Diponegoro)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (Budi) 2018/2019

Biaya Kuliah Unnes 2018/2019 (Universitas Negeri Semarang)