Biaya Kuliah Its 2018/2019 (Institut Teknologi Sepuluh November)

Biaya Kuliah ITS 2018 -- Info Biaya Kuliah ITS, Biaya Pendidikan ITS, Biaya UKT ITS, Biaya SPP ITS, Biaya Studi ITS, Uang Kuliah Tunggal (UKT), Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ITS, Biaya Kuliah Per Semester ITS, Rincian Biaya Kuliah Institut Teknologi Sepuluh November. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini yaitu wacana Biaya Kuliah ITS 2018/2019 (Institut Teknologi Sepuluh November). Informasi ini disampaikan untuk anda yang ingin kuliah di ITS dan dengan adanya info ini bisa memperlihatkan sedikit citra awal. Mari simak info selengkapnya berikut ini.

 Rincian Biaya Kuliah Institut Teknologi Sepuluh November Biaya Kuliah ITS 2018/2019 (Institut Teknologi Sepuluh November)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang dikenal dengan sebutan ITS yakni salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Pada awalnya ITS didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957, kemudian terus berkembang dan ketika ini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Pada ketika ini, ITS menjadi salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia. Pada setiap tahun fatwa baru, banyak siswa-siswi yang mendaftar di ITS untuk menjadi calon mahasiswa gres ITS.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa gres ITS, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh ITS.

Pada setiap tahun fatwa baru, ITS membuka jalur penerimaan mahasiswa gres melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur berdikari terdiri dari jalur PKM, UMDESAIN, dan Lintas Jalur S-1, serta penerimaan Program Pascasarjana.

Ketika anda telah mengikuti seleksi melalui salah satu jalur di atas, dan pada ketika pengumuman anda dinyatakan lulus seleksi, maka anda diwajibkan untuk melaksanakan registrasi ulang.

Pada ketika melaksanakan registrasi ulang, banyak hal yang dilakukan berkaitan dengan pengisian data. salah satu hal yang dilakukan yaitu mengisi data-data penghasilan orang tua.

Lakukan pengisian data-data tersebut dengan benar dan jujur alasannya yakni pengisian data-data tersebut mempunyai kegunaan dalam penentuan besarnya biaya kuliah yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa.

Sejak tahun 2013 lalu, ITS menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam pembayaran biaya kuliah untuk setiap mahasiswa.

Penentuan besar kecilnya UKT ditentukan semenjak awal masuk kuliah yang didasarkan pada formulir pengisian data yang anda lakukan pada ketika pendafaran ulang.

Setelah biaya kuliah ditentukan, maka peserta harus membayar biaya tersebut sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan. Pembayaran UKT hanya dilakukan setiap awal semester hingga jawaban kuliah.

Dengan sistem UKT ini, maka tidak ada lagi pembayaran uang pangkal atau uang pembangunan pada ketika awal semester 1. Semuanya cukup satu kali bayar yaitu membayar biaya UKT.

Biaya UKT di ITS diperuntukkan bagi mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk semua kegiatan studi di ITS kecuali Program Studi Double Degree Marine Engineering. Biaya pendidikan pada kegiatan Double Degree Marine Engineering sebesar Rp 19.700.000 pada semester pertama dan Rp 17.500.000 pada semester berikutnya.

Kelompok UKT di ITS dibedakan menjadi 7 kategori yang besarnya ditentukan menurut penghasilan orang renta mahasiswa.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa indek kemampuan ekonomi orang renta mahasiswa tersebut ditentukan pada ketika registrasi ulang yang diketahui dari hasil pengisian data-data.

Kategori UKT di ITS sanggup anda lihat selengkapnya berikut ini :
Kategori Indeks Kemampuan Ekonomi Orang Tua Biaya UKT
1 0 – 1,59 Rp. 500.000,-
2 1,60 - 2,00 Rp. 1.000.000,-
3 2,01 - 3,00 Rp. 2.500.000,-
4 3,01 - 4,00 Rp. 4.000.000,-
5 4,01 - 5,00 Rp. 5.000.000,-
6 5,01 - 6,00 Rp. 6.000.000,-
7 6,01 – 7,00 Rp. 7.500.000,-
Berdasarkan keterangan pada tabel di atas, maka sanggup diketahui bahwa jikalau penghasilan orang renta anda rendah, maka biaya UKT yang harus dibayar berada pada kategori kecil, sedangkan jikalau penghasilan orang renta anda besar, maka UKT yang harus dibayat juga besar.

Contoh : jikalau pada ketika awal semeser 1 anda membayar UKT sebesar Rp. 4.000.0000,- , maka biaya UKT hingga jawaban kuliah yang harus anda bayar setiap awal semeser yakni  Rp. 4.000.000,-.

Apabila anda merasa keberatan atau tidak sesuai dengan pembayaran UKT tersebut, maka anda bisa mengajukan penurunan biaya UKT dengan mengikuti mekanisme yang ditentukan oleh ITS. Anda sanggup menanyakan mekanisme tersebut kepada bab manajemen keuangan ITS.

Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka sanggup mengajukan sumbangan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Bidikmisi diajukan semenjak awal bersamaan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jika anda dinyatakan lulus seleksi Bidikmisi, maka anda akan mendapat biaya Bidikmisi.

Dengan Bidikmisi ini, maka mahasiswa tersebut bisa kuliah secara gratis alasannya yakni biaya kuliahnya telah ditanggung oleh pemerintah melalui penyaluran biaya Bidikmisi tersebut.

Itulah rincian biaya kuliah ITS. Untuk info lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi ITS. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yakni yang ada di website resmi ITS.
Demikianlah info yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini wacana Biaya Kuliah ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Mudah-mudahan info tersebut bisa membantu anda untuk mendapat citra awal mengenai kuliah di ITS.

Admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang setiap hari selalu berkunjung. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut menyebarkan (G+1) atau share (FB) info ini pada sobat lainnya yang membutuhkan biar mereka juga bisa mendapat info dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Kuliah Undip 2018/2019 (Universitas Diponegoro)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (Budi) 2018/2019

Biaya Kuliah Unnes 2018/2019 (Universitas Negeri Semarang)